Kamis, April 20, 2006

K e m b a l i


SUDAH lebih empat bulan (sampai dua hari kemarin), blog ini tidak saya update -- bahkan sangat jarang saya kunjungi. Banyak hal yang menghalagi saya online: kesibukan, hilangnya mood hingga sulitnya mengakses internet di tempatku sekarang ini. Untunglah akhirnya semuanya bisa mulai terlampaui. Dan kini saya kembali, mudah-mudahan untuk seterusnya.

Selama empat bulan, tentu saja banyak perubahan yang terjadi. Yang paling terasa adalah kepindahanku ke tempat tugas baru. Setelah tiga tahun lebih bertugas kantor yang terletak di Bandung kota, kini saya berpindah ke daerah, tepatnya ke Rajamandala, sebuah distrik di sebelah barat Bandung kabupaten. Bila sebelumnya saya harus berkutat dengan masalah-masalah administratif di kantor (meski sekali-sekali ke lapangan juga), kini saya lebih bertanggungjawab dalam hal pengelolaan teritorial, yang harus menghadapi langsung problematika ril di lapangan. Sebuah tugas yang, tentu saja tidak makin ringan.

Pindah ke daerah, membawa saya ke kenyataan-kenyataan baru. Dari tempat tinggal, cakupan kerja, rekan sejawat, suasana kerja, kebiasaan dan hal-hal lain, yang harus mulai saya adaptasi kembali. Dan ini, tidak selalu mudah, apalagi bagi saya yang sebenarnya cenderung introvert. Banyak hal lucu juga terjadi. Misalnya, dalam jabatan sekarang, maka saya termasuk ”pejabat publik”. Karenanya saya harus sering berhadapan dengan banyak orang, terutama mereka yang memiliki keperluan berkaitan dengan kehutanan. Banyak yang kecele, karena tidak mengira yang mereka cari ada di depan matanya. ”Kok masih muda?”, begitu biasanya mereka bertanya, seakan tak percaya.

Hal tersebut juga membuat saya harus lebih berhati-hati. Harus lebih pandai menjaga sikap dan perilaku. Karena apa saya lakukan, kini, bisa menjadi perhatian banyak orang. Ini yang cukup merepotkan, karena saya sudah terbiasa hidup di kota, dimana setiap orang bak mahluk-mahluk tak beridentitas yang datang dan pergi setiap hari.

Tetapi saya juga menghadapi kesenangan-kesenangan baru. Misalnya, karena tidak terikat oleh batasan waktu kerja yang relatif ketat, kini saya lebih banyak memiliki waktu, yang sebenarnya memberikan saya untuk lebih berkreatifitas (sayang saya lebih sering malesnya). Suasana kerja pun lebih terasa informal. Tak banyak basa-basi. Sebuah hal yang sangat saya nikmati. Dan yang paling penting adalah: ada seseorang yang manis tiba-tiba hadir di kehidupanku (meski beberapa hari ini lagi ngambek).

Begitulah hidup, selalu berganti. Ada yang menyenangkan, ada yang menyebalkan. Ada yang hilang, ada yang datang. Ada yang bertambah, ada pula yang berkurang.

Semoga saja saya dapat menjalani semuanya dengan baik.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

selamat Kang Avid, sudah muncul lagi, banyak cerita dong, nih, sekarang? *lirik-lirik neng geulis* ;)

Anonim mengatakan...

Selamat vid. Hebat, ente geus jadi pejabat uy! Tong hilap, sing nyaah ka bawahan! Ulah poho, mere THR sing gede ka pagawe! Penting, sing jadi pimpinan nu adil.